Teologi Martabak

Pernah saya teringat cerita seorang Pendeta senior kami, pengalaman ketika beliau diundang salah satu rekan Hamba Tuhan yang sangat terkenal di Ibukota, salah satu sahabat baiknya.

Ia diminta masuk ke kantornya dan dipersilahkan melihat-lihat kantornya. Ia kemudian tercengang melihat ke salah satu white board-nya. Beliau melihat jadwal pelayanan Hamba Tuhan ini: Senin pelayanan di kota A, Selasa pelayanan di kota B, Rabu pelayanan di negara A, Kamis dst di negara B dan Minggu kembali lagi ke kotanya dan berkotbah di gereja lokalnya.

Hamba Tuhan ini rupanya melihat keheranan rekannya ini dan menanyakan, “so what do you think Brother (nama samaran)?” Entah jawaban apa yang diharapkan keluar dari rekan Pendeta senior ini, beliau menjawab pelan namun lugas, “Anda pasti menganut Teologi Martabak: luas, tapi tipis…” Dengan santainya beliau segera melihat ke arah koran yang dibacanya.

Cerita ini mungkin menjadi hal yang menarik untuk kita renungkan. Betapa tingkat kedalaman spiritual kita dengan Tuhan bukan terletak pada seberapa banyak hal yang kita lakukan kepada-Nya, atau bagi-Nya, tetapi justru seberapa dalam relasi kita dengan Tuhan yang kita layani.

Mungkin kisah Marta dan Maria dapat menjadi perbandingan, bahwa adakalanya Tuhan menyukai intensitas dan kedalaman kualitas waktu yang kita bangun bersama-Nya, dan bukan sebaliknya seberapa sibuk, hebat dan luasnya pelayanan kita kepada-Nya.

Ah, mantap sekali cerita dari Pendeta senior saya ini, jadi kangen dengan Martabak telor langganan saya di Jalan Dharmahusada Surabaya.

Ada yang suka Martabak?

Sompok Lama, 14 April 2016

Andi O. Santoso

‪#‎walkingwithGod24‬/7
‪#‎TeologiMartabak‬
‪#‎semarangan‬
‪#‎TeologiKaumAwam‬

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s