Penjual Ronde

RondeMalam ini kami meluangkan waktu untuk makan malam bersama dan setelah itu kami berinisiatif untuk makan ronde langganan kami di sebuah sudut kota Semarang, P********

Sesampai di tempat itu, kami segera memesan ronde kesukaan kami, namun rasanya agak berbeda…  Ternyata kami baru sadar kalau penjual ronde langganan kami ternyata digantikan oleh adiknya. Singkat cerita, Sanny (samaran.red) penjual ronde langganan kami tersebut sedang berada di rumah sakit karena mengalami pendarahan. Ternyata, Ia sedang hamil muda dan disarankan dokter untuk bed rest total.

Sejenak memori kami kembali ke sekitar tahun 2008, ketika isteri saya juga pernah mengalami pendarahan ketika hamil puteri pertama kami (simak kisah kami selengkapnya di https://andiosville.wordpress.com/2012/01/18/rumah-sakit-dan-rumah-kehidupan/). Dan sontak isteri saya tiba-tiba berkata: “yuk kita doakan sama-sama”. Agak sedikit kikuk saya berkata, “berdoa di tempat ini? Kita kan sedang makan ronde, bagaimana kalau nanti ada yang beli ronde, sementara kita mendoakan penjual ronde yang sedang terbaring di Rumah Sakit, sementara adiknya yang menggantikan? Tidakkkah kita cukup tahu namanya dan kita doakan di rumah saja?”

Alhasil, niat bulat isteri saya berbuah nyata, mengalahkan segala kecanggungan kami. Akhirnya kami mendoakan Sanny penjual ronde langganan kami bersama-sama adiknya yang menggantikan tugasnya.

Kami hantarkan permohonan sederhana kami: kiranya Tuhan menolong dalam situasi ini. Empati isteri yang pernah merasakan pergumulan yang mirip tersebut, terpancar keluar menjadi kata-kata permohonan bagi Sanny penjual ronde, rekan seperjalanan dalam ziarah kehidupan ini. Kami memang belum terlalu mengenalnya, namun simpati kami tidak bisa dibatasi oleh ruang dan waktu. Doa menjadi sarana untuk menyampaikan kepedulian kami kepada Allah dan tentang situasi ini. Hasilnya kami serahkan kepada-Nya.

Selesai berdoa kami bergegas membayar ronde yang nikmat tersebut, sambil bersyukur di dalam hati, bahwa at least kami sudah melakukan sesuatu bagi sesama yang sedang membutuhkan, semua hanya sejauh doa. “I’m proud of you my wife;)”

Semarang, 22 April 2016

Andi O. Santoso

‪#‎WalkingwithGod24‬/7
‪#‎ItsAllAboutHim‬
‪#‎TheChiandiosUnited‬
‪#‎LoveGodLovePeople‬
‪#‎semarangan‬
‪#‎TeologiKaumAwam‬
‪#‎andiosville‬
@andiosville

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s