Saat Aku Memilih Cinta

the-cross

Saat aku memilih cinta

Bukan berarti tak ada senjata lain
Bukan berarti tak ada kekuatan, kegarangan, kemampuan membela diri
Bukan berarti tak ada keinginan untuk membalas
Bukan berarti tak ada kemarahan
Bukan berarti tak ada kebencian
Bukan berarti tak ada lagi “aku”

Saat aku memilih cinta

Aku sedang melihat kepada Sang Guru

Yang walaupun memiliki segalanya, rela meninggalkannya
Yang walaupun berkuasa, rela meletakkannya
Yang walaupun berpunya, rela menjadi miskin
Yang walaupun tak bersalah, rela dipersalahkan
Yang walaupun berjuang untuk keadilan, rela dihukum
Yang walaupun dicaci maki, disiksa, disalib… bahkan mati

Ia tetap mendoakan mereka… yang tak tahu apa yang dilakukannya
Ia tetap berusaha memeluk para pembenci-Nya, para pendakwa-Nya
Ia tak membela diri, Ia tak menunjukkan kekuatan-Nya, kemarahan-Nya

Ia justru ingin memeluk mereka yang memusuhi-Nya

Namun apa daya, kedua tangan-Nya terpaku, tersalib…

Ia tak bisa memeluk…

Ya semua demi Anda dan saya… sang pendosa yang seharusnya ada disana.

Inilah teladan dan alasan aku memilih cinta

Saat aku memilih cinta, aku ingin belajar mengikuti-Nya, walau tak mudah jalan-jalan-Nya

Saat aku memilih cinta, aku dimampukan untuk melihat dunia dengan cara yang berbeda

Saat aku memilih cinta, akupun belajar untuk meletakkan semuanya: diriku, milikku, ke-aku-an-ku, kesombonganku, kecongkaanku, kebencianku, kemarahanku sekali untuk selamanya

Saat aku memilih cinta, aku belajar bahwa kemenangan sejati terjadi bukan dengan unjuk diri, tapi justru dengan mengosongkan diri

Menyerahkan diri untuk berkorban dan bukan mengorbankan orang lain

Hanya cinta kasih yang bisa mengalahkan kejahatan di dunia ini

Hanya pengampunan yang bisa menghadirkan kedamaian yang sejati

Ialah Sumber Cinta Sejati, yang mencintai kita lebih dulu

Adakah alasan lain untuk tidak mencintai-Nya dan mencintai orang lain?

Sompok Lama, 14 Desember 2016

@andiosville

Leave a Reply

